• Minggu, 29 Januari 2023

Pentingnya Orang Tua Kompak Mendidik Anak

- Selasa, 1 November 2022 | 19:54 WIB
Potret orang tua sedang mendidik anak (Monstera via Pexels.com)
Potret orang tua sedang mendidik anak (Monstera via Pexels.com)

CirebonTimes.com - Mendidik anak adalah tugas kedua orang tua: bukan ayah saja, bukan ibu saja. Keduanya memiliki kewajiban yang sama. Membesarkan, mendidik dan memberikan kasih sayang terhadap anak sehingga anak tumbuh menjadi pribadi yang baik kelak. 

Agar anak tumbuh menjadi baik, orang tua harus kompak. Sehingga baik ibu atau pun ayah akan memiliki wibawa di hadapan anak. Dengan melihat kekompakan orang tuanya, anak akan belajar untuk menghormati mereka. 

Misalnya begini. Ayah menasehati anak karena telah melakukan kesalahan. Bahkan terkadang ayah melakukannya dengan nada yang keras. Atau dengan memberi anak hukuman (tentu saja hukuman yang mendidik). 

Baca Juga: Harapan Pemilih Warga Palestina Kandas di Pemilu Israel

Lalu karena kasihan si ibu melindunginya. Ibu melakukannya di depan anaknya, tanpa mendiskusikan terlebih dahulu dengan ayah

Atau misalnya ketika si anak meminta izin kepada Ibu untuk bermain. Lalu si Ibu tidak mengizinkannya karena alasan sudah larut malam, atau karena waktunya mengaji dan belajar. 

Kemudian si Ayah justru mengizinkannya, dengan alasan misalnya boleh asal sebentar saja atau asal tidak bermain terlalu jauh. Karena mendapat izin si Anak pu bermain, meskipun ia tahu ibunya sedikit menggerutu. 

Baca Juga: Jelang Bentrok Melawan Timnas Indonesia U20, Pelatih Moldova Puji Garuda Muda

Dari dua contoh itu Anak akan belajar bahwa orang tuanya tidak kompak. Anak akan belajar dikotomi siapa yang jahat dan siapa yang menjadi pelindungnya. Siapa yang tegas dan siapa yang permisif. Si anak juga akan belajar titik lemah orang tuanya. 

Halaman:

Editor: Abdul Mu'izz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X