Lezatnya Kuliner Legendaris Cirebon, Empal Gentong Mang Darma

Home / News Commerce / Menikmati Lezatnya Empal Gentong Mang Darma yang Legendaris di Cirebon
Menikmati Lezatnya Empal Gentong Mang Darma yang Legendaris di Cirebon Sajian Empal Gentong Mang Darma Cirebon. (Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)

TIMESCIREBON, CIREBON – Jika berkunjung ke Cirebon, rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipi kuliner legendaris Cirebon, yakni empal gentong. Makanan tradisional ini merupakan menu wajib bagi para wisatawan yang datang ke Cirebon. Salah satu yang menjadi serbuan wisawatan adalah Empal Gentong Mang Darma.

Empal gentong sendiri merupakan makanan berkuah seperti kari atau gulai, yang berisi potongan daging sapi. Kemudian, diberi potongan daun kucai. Dengan cita rasa yang khas dan unik, empal gentong menjadi kuliner ikonik di Cirebon, bahkan tidak jarang wisatawan membawa empal gentong sebagai oleh-oleh.

Empal-Gentong-2.jpg

Sebagai pelopor kuliner di Cirebon yang sudah berdiri sejak 1947, Empal Gentong Mang Darma tetap mempertahankan cita rasa yang sudah diwarisi secara turun-temurun. Hal itulah yang membuat keberadaannya masih eksis hingga sekarang.

Menurut pemilik Empal Gentong Mang Darma, Randy Agustian Ahmad, setiap hari empal gentong miliknya tidak pernah sepi, karena pengunjung terus berdatangan baik dari Ciayumajakuning maupun luar Cirebon.

"Ada yang dari Bandung, Jakarta, Semarang, dan kota-kota lainnya pasti mampir untuk menikmati empal gentong," ujarnya kepada TIMES Indonesia saat ditemui di gerai empal gentongnya di Jalan Diponegoro Kota Cirebon, Sabtu (1/8/2020).

Randy melanjutkan, sejak kemunculannya, Empal Gentong Mang Darma terus bertransformasi mengikuti perkembangan zaman hingga tercipta salah satu varian empal gentong yakni empal asem. Perbedaan antara empal gentong dan empal asem adalah terletak pada bumbu tambahan yakni belimbing wuluh, dan kuahnya lebih bening. "Menu andalan tetap empal gentong," tuturnya.

Selain empal gentong, lanjutnya, dirinya pun menyediakan kuliner khas Cirebon lainnya, seperti tahu gejrot, sate kambing, kerupuk kulit, mie koclok, nasi lengko, dan lainnya.

Empal-Gentong-3.jpg

Randy menceritakan, Empal Gentong Mang Darma memiliki cita rasa yang berbeda dari empal gentong lainnya, karena diolah dengan bumbu rempah-rempah pilihan dan daging sapi berkualitas baik.

"Daging sapi langsung kami ambil dari pusat pemotongan hewan, diolah dengan bumbu rempah-rempah pilihan, sehingga menghasilkan empal gentong yang berkuah gurih dan kental," jelasnya.

Saat masa pandemi Covid-19 datang, lanjut Randy, dirinya mengaku mengalami penurunan omset. Namun, hal tersebut tidak mengurungkannya untuk berinovasi agar empal gentongnya bisa dinikmati oleh para penikmat kuliner Cirebon. Salah satunya adalah memanfaatkan pembelian secara online.

"Kami terus berinovasi, selain makan di tempat, kami juga menjual secara online. Selain itu kami memiliki pelanggan setia yang cukup menolong dalam masa Pandemi Covid-19," tuturnya.

Saat ini kuliner legendaris CirebonEmpal Gentong Mang Darma hanya mempunyai dua gerai, yakni di Jalan Diponegoro dan Jalan Inspeksi Kota Cirebon. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com