• Minggu, 29 Januari 2023

Menteri Agama Warning Pimpinan Kampus PTKIN Jelang Seleksi Masuk, Gus Yaqut: Jangan Curang dan Koruptif

- Jumat, 20 Januari 2023 | 23:55 WIB
Menag Yaqut mengingatkan para pimpinan PTKIN tidak berlaku curang, koruptif, atau pungutan liar saat pelaksanaan SPAN dan UM PTKIN. (nkrinow.com)
Menag Yaqut mengingatkan para pimpinan PTKIN tidak berlaku curang, koruptif, atau pungutan liar saat pelaksanaan SPAN dan UM PTKIN. (nkrinow.com)

CirebonTimes.comMenteri Agama Yaqut Cholil Qoumas wanti-wanti agar pengelola kampus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) terkait seleksi masuk.

Menag Yaqut mengingatkan para pimpinan PTKIN tidak berlaku curang, koruptif, atau pungutan liar saat pelaksanaan Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) dan Ujian Masuk (UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Menag Yaqut mengingatkan hal itu saat merilis SPAN-UM PTKIN Tahun Akademik 2023 di Surabaya, Jumat 20 Januari 2023.

Baca Juga: Kemenag Rilis 108 Lembaga Zakat yang Sudah Beroperasi tapi Belum Berizin, 2 di Antaranya Ada di Cirebon

Gus Yaqut meminta catatan hitam penerimaan mahasiswa baru yang pernah terjadi antara lain di Lampung tidak terjadi di PTKIN.

“Hati-hati dalam penerimaan mahasiswa baru, jangan terjadi di PTKIN. Seperti perilaku koruptif lainnya, tolong dihindarkan," ujar Menag Yaqut beri warning.

"Jangan lakukan perilaku koruptif, jangan lakukan ini. Saya peringatkan, saya minta Inspektorat Jenderal untuk turun. Koruptif, nepotisme dan lain-lain, jangan dilakukan. Kita ingin di PTKIN memiliki komitmen untuk tidak melakukan itu," tegas dia.

Baca Juga: Bagi yang Baru Saja Membeli iPhone Baru? Simak Cara Mentransfer Data WhatsApp dari Android ke iOS

Sementara itu, Ketua Panitia Nasional SPAN UM PTKIN, Imam Taufiq melaporkan bahwa ada dua jenis seleksi yang dibuka, yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN-PTKIN) dan Ujian Masuk (UM-PTKIN).

SPAN PTKIN adalah seleksi nasional calon mahasiswa baru PTKIN berdasarkan prestasi akademik. Peserta SPAN PTKIN adalah siswa sekolah/madrasah/pondok pesantren yang akan lulus pada tahun 2023.

Halaman:

Editor: Kalil Sadewo

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X