• Minggu, 29 Januari 2023

Arab Saudi Bangkitkan Lagi Tayma, Kota Yahudi Kuno Pra Islam yang Sudah Rata Tanah, Apa Tujuannya?

- Jumat, 25 November 2022 | 20:40 WIB
Proyek wisata arkeologis Kerajaan Arab Saudi terus dilanjutkan, terbaru adalah membangkitkan lagi kota permukiman Yahudi kuno, Tayma.
Proyek wisata arkeologis Kerajaan Arab Saudi terus dilanjutkan, terbaru adalah membangkitkan lagi kota permukiman Yahudi kuno, Tayma.

CirebonTimes.com – Proyek wisata arkeologis Kerajaan Arab Saudi terus dilanjutkan, terbaru adalah membangkitkan lagi kota permukiman Yahudi kuno, Tayma.

Selama berabad-abad, kota kuno Tayma dilupakan. Kota tersebut berada di dekat kota modern Tabuk di barat laut Arab Saudi.

Selain Tayma, juga kota Khaybar, sebuah oasis di utara Madinah yang juga sebagian besar telah dilupakan.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022: Iran Menang Atas Wales Secara Dramatis, Jaga Asa Peluang Lolos 16 Besar

Saat ini, Komisi Kerajaan AlUla (RCU) yang memiliki banyak daftar proyek wisaata, menghidupkan kembali situs-situs berharga tersebut.

Hal itu menjadi bagian dari Festival Kerajaan Kuno pertama, menghubungkan kembali oasis kuno AlUla, Tayma, dan Khaybar untuk merayakan warisan dan budaya khas mereka.

“Tahun ini, kami telah menciptakan momen luar biasa dengan menghubungkan kembali triad AlUla, Khaybar dan Tayma dalam pendekatan yang dipertimbangkan berdasarkan penelitian bertahun-tahun,” kata Direktur Eksekutif Manajemen Situs Budaya RCU, Eman Alankari dilansir dari Arab News.

Baca Juga: Jadi Tuan Rumah Piala Dunia, Berikut 5 Destinasi Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Qatar

Menurutnya, untuk pertama kalinya dalam ingatan modern, situs ‘sepupu’ dapat diakses dan dipahami secara paralel, dalam narasi sejarah yang berkelanjutan.

Tayma disebutkan dalam teks Asiria yang berasal dari abad keempat sebelum Masehi (SM) dan disebutkan berkali-kali dalam Alkitab Ibrani.

Halaman:

Editor: Kalil Sadewo

Sumber: Arab News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X