Waspadai Tanda Alergi Kosmetik yang Sering Muncul

Home / Gaya Hidup / Waspadai Tanda Alergi Kosmetik yang Sering Muncul
Waspadai Tanda Alergi Kosmetik yang Sering Muncul ILUSTRASI. (FOTO: stylecaster.com)

TIMESCIREBON, JAKARTA – Kosmetik menjadi barang yang penting untuk para wanita. Biasanya mereka rela menghabiskan banyak uang hanya untuk membeli kosmetik. Hal ini karena dengan menggunakan kosmetik, para wanita dapat tampil cantik sehingga mereka dapat lebih percaya diri. Namun, Anda harus hati-hati memilih kosmetik. Anda bisa mengalami alergi jika kosmetik yang Anda gunakan tidak cocok di kulit. Apa saja tanda alergi kosmetik yang harus diketahui?

Dilansir dari Dokter Sehat, alergi kulit karena kosmetik ini biasanya akan memunculkan berbagai tanda berikut.

1. Bengkak

Pembengkakan bisa terjadi jika Anda menggunakan kosmetik yang tidak cocok. Utamanya hal itu sering terjadi pada kelopak mata. Baik itu eye shadow, maskara, atau eyeliner dapat membuat bagian kulit di sekitar mata bengkak.

Anda harus waspada dengan produk kecantikan yang Anda gunakan. Jika terjadi pembengkakan, atasi langsung, agar tidak merembet ke bagian lainnya.

2. Problem Mata

Penggunaan maskara atau eyeliner yang tidak cocok juga bisa menyebabkan alergi pada mata. Mata akan menjadi gatal dan kemerahan, bahkan bisa membuat kelopak mata menjadi tebal. Anda harus sedikit sensitif terhadap setiap gejala yang ada. Karena gejala sekecil apapun bisa menyebabkan luka yang lebih parah.

3. Kemerahan

Tanda pertama yang biasanya muncul jika kosmetik yang digunakan tidak cocok dengan kulit Anda adalah kemerahan. Reaksi ini bisa muncul dalam waktu lama dan biasanya beberapa saat setelah penggunaan makeup. Biasanya akan ditandai dengan rasa gatal dan panas, setelah itu muncul warna kemerahan pada kulit.

Jika sudah terjadi alergi, jalan utamanya adalah mengganti kosmetik dengan yang lebih aman. Jadi, pandai-pandailah memilih kosmetik yang tepat. Segera konsultasikan ke dokter bila alergi kosmetik menjadi semakin parah. Gejala sekecil apapun, bisa menyebabkan penyakit serius jika tidak ditangani dengan benar. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com