• Minggu, 29 Januari 2023

Mitos di Jalan Karanggetas Cirebon, Konon Ilmu Kanuragan Akan Luntur Jika Melewati Tempat Ini

- Sabtu, 26 November 2022 | 16:00 WIB
Mitos di Jalan Karanggetas Kota Cirebon yang konon dapat melunturkan ilmu kanuragan seseorang (Tangkapan layar YouTube/Bujang Gotri)
Mitos di Jalan Karanggetas Kota Cirebon yang konon dapat melunturkan ilmu kanuragan seseorang (Tangkapan layar YouTube/Bujang Gotri)


CirebonTimes.com - Karanggetas merupakan salah satu jalan yang ada di Kota Cirebon Jawa Barat.

Jalan Karanggetas yang ada di Kota Cirebon konon menyimpan sejumlah mitos berbau magis di dalamnya.

Kota Cirebon adalah jalur utama di wilayah utara perbatasan Jawa Barat dan Jawa tengah atau lebih dikenal dengan jalur pantai utara atau pantura.

Baca Juga: Angkernya Bangunan Bekas Pabrik Gula Gempol Cirebon, Ular Raksasa dan 3 Penjaga Gaib Konon Ada di Dalamnya

Cirebon pun menjadi gerbang perbatasan di Antara kedua provinsi tersebut. Tak heran, Cirebon menjadi primadona untuk pilihan perjalanan jalur darat dikarenakan medan perjalanan yang tidak sulit dibandingkan dengan jalur Selatan.

Dengan demikian, Kota Cirebon sudah pasti dilalui banyak orang setiap harinya, baik dari arah Jakarta maupun dari arah Jawa Tengah.

Selain dijuluki kota udang, Cirebon pun dikenal sebagai kota wali. Sebagaimana kita ketahui, salah satu walisongo yaitu Sunan Gunung Jati berasal dari Cirebon, dan bahkan makamnya pun menjadi tujuan para peziarah yang ada di Indonesia bahkan mancanegara.

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Setelah Ditahan Imbang Amerika Serikat, Inggris Ketar-ketir Untuk Lolos, Ini Kata Southgate

Dalam berbagai cerita sejarah, Cirebon menjadi salah satu rujukan dalam pencarian sejarah penyebaran Islam di Jawa Barat. Cirebon menjadi puser islam atau pusatnya Islam di tanah Sunda.

Bahkan Cirebon menjadi pusat kekuatan kerajaan islam pertama yang ada di wilayah Jawa barat. Pada masanya, Cirebon menjadi wilayah yang sangat disegani karena memiliki armada perang yang sangat hebat.

Halaman:

Editor: Fasfah.

Sumber: Youtube Bujang Gotri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X